Minggu, 30 Desember 2018

6 Cara Memperbanyak ASI Untuk Mencukupi Kebutuhan Bayi



cara memperbanyak asi


Setelah lahir, bayi membutuhkan ASI secara eksklusif demi menunjang tumbuh kembang, menjaga kesehatan, dan memenuhi kebutuhan gizinya. Hanya saja, tak semua ibu menyusui mampu memberikan ASI ekslusif kepada sang buah hati. Ada berbagai faktor yang seringkali menghambat produksi ASI. Hal inilah yang membuat ASI sedikit atau tak lancar. Sebagai ibu yang sayang terhadap bayinya, pastikan anda mempraktekkan cara memperbanyak ASI agar melimpah dan lancar.

Cara Memperbanyak ASI

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak ASI sehingga kebutuhan gizi bayi tetap terpenuhi dengan baik.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih terbukti mampu membuat produksi ASI menjadi melimpah. Perlu disadari, ASI berbahan dasar air. Oleh sebab itu, kebiasaan memperbanyak minum air putih bisa membuat ASI menjadi lancar, berkualitas, kental, dan melimpah ketika melahirkan. Dalam membiasakan minum air putih secara rutin, anda juga bisa menyelinginya dengan minum jus buah ataupun sayur.

2. Perhatikan Posisi Bayi

Agar produksi ASI melimpah, pastikan anda memperhatikan posisi bayi ketika ingin menyusui. Hal ini dikarenakan posisi bayi yang benar bisa merangsang produksi ASI secara lebih efektif. Dengan begitu, bayi bisa memperoleh lebih banyak ASI. Supaya bayi merasa nyaman saat minum susu, pastikan posisi anda juga sudah benar.

3. Menyusui Dengan Frekuensi Sering

Cara memperbanyak ASI lainnya ialah menyusui dengan frekuensi sering. Pada dasarnya, payudara harus terus dirangsang agar produksi ASI bisa terus terjadi. Dengan anda menyusui bayi secara lebih sering, produksi ASI bisa lebih banyak dan kental. Dalam prakteknya, anda tak perlu menjadwal pemberian ASI. Bayi biasanya akan meminta ASI tiap 2-3 jam.

4. Bergantian Payudara

Anda bisa memberikan ASI kepada sang buah hati dengan payudara kanan dan kiri secara bergantian. Anda jangan hanya memberikan ASI dari salah satu payudara saja. Memberikan ASI dengan bergantian payudara bisa mendorong bayi yang mengantuk untuk menghisap secara lebih kencang dalam waktu yang lebih lama. Dengan begitu, produksi ASI bisa meningkat.

5. Pijat dan Bersihkan Payudara

Tips memperbanyak ASI lainnya ialah dengan memberikan pijatan dan membersihkan payudara. Untuk mempraktekkan cara ini, pastikan anda melakukan pemanasan terlebih dahulu. Caranya, menghangatkan payudara menggunakan handuk hangat selama 2 menit dan ulangi 4-5 kali. Setelah itu, pijat puting secara perlahan dari bagian atas ke bawah. Sementara di bagian areola, pijat secara perlahan ke atas dan bawah dari sisi kanan ke kiri selama 5-6 kali pada setiap payudara.

Langkah terakhir, pijat payudara secara melingkar mengikuti bentuknya selama 5-6 kali. Kemudian pijat melingkat dan spiral ke areola selama 3-4 kali. Anda lakukan pijatan ini untuk tiap payudara. Lain halnya untuk langkah pembersihan payudara. Hal yang perlu anda ingat ialah jangan menyabuni puting dan areola. Perlu untuk anda ketahui, hal tersebut justru akan membuat puting dan areola menjadi kering dan kaku.

6. Pemberian ASI di Malam Hari

Cara memperbanyak ASI lainnya ialah dengan meningkatkan pemberian ASI secara eksklusif di malam hari. Dalam hal ini, anda akan memanfaatkan kadar prolaktin yang adalah hormon pembuatan air susu. Hormon ini berada dalam keadaan yang optimal apabila dini hari. Maka dari itu, anda bisa membangunkan bayi setiap 3-4 jam sekali di malam hari untuk memberinya susu. Selain cara tersebut, anda juga bisa melakukan pompa ASI apabila bayi sedang tidur. Dengan cara ini, anda tak perlu mengganggu waktu tidur bayi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar