Jumat, 28 Desember 2018

Resep MPASI Mudah Berbahan Labu Kuning




Resep labu kuning sebagai MPASI bayi, saat ini sudah banyak sekali didapatkan. Mengapa labu kuning? Ternyata buah yang satu ini memiliki kaya manfaat luar biasa bagi pertumbuhan si Kecil. Mengenalkannya pada buah dan sayur merupakan keharusan Bunda sejak si Kecil memasuki masa MPASI-nya. Dengan begitu, Bunda sudah memberikan tonggak dasar pola menu sehat sejak dini. 

Resep labu kuning dapat Bunda padu padankan dengan bahan makanan yang lain, mengikuti pola makan seimbang MPASI. Dalam pola makan seimbang MPASI, diberlakukan rumus “4 Bintang”. Yang artinya, dalam satu porsi makan si Kecil mengandung karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serat sayur. Dan tak lupa, lemak tambahan berupa EVOO (minyak zaitun), keju, butter, minyak sayur.

Labu kuning mengandung serat yang cukup tinggi. Mungkin, Bunda menganggap bahwa mencegah sembelit adalah dengan memberikan sayur dan buah dengan serat yang tinggi. Pemahaman tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena, pada bayi di bawah usia 2 tahun, memiliki pola pencernaan yang berbeda dengan orang dewasa. 

Jika bayi mengonsumsi serat terlalu tinggi, malah akan membuatnya semakin sembelit. Hal tersebut dikarenakan sistem pencernaannya belum cukup sempurna untuk mencerna serat. Oleh sebab itu, sebaiknya tidak disarankan memadukan labu kuning dengan sayuran atau buah dalam menu MPASI-nya. Atau memberikannya berdekatan dengan pemberian serat pangan lain.

Resep Labu Kuning Mudah dan Sehat

Bubur Labu Kuning-ASI (Menu tunggal 6 bulan)

Bahan:

50 gram labu kuning
5 sdm ASIP atau air matang 

Cara membuat:

  1. Potong-potong labu kuning lalu kukus hingga matang dan lunak. Dinginkan hingga suam-suam kuku.
  2. Haluskan labu kuning kukus dengan menggunakan saringan kawat. Tekan-tekan perlahan pada saringan kawat dengan menggunakan punggung sendok. Kerok bagian yang keluar di bawah saringan.
  3. Beri ASIP atau air matang untuk mengencerkannya. Jangan terlalu encer. Cukup semi kental saja. Jika sendok dibalik, bubur tidak serta merta meluncur.
  4. Sajikan segera hangat-hangat.

Nasi Gurih Labu Kuning (Menu 4 Bintang 7-12 bulan)

Bahan:

1 centong nasi matang
50 gr labu kuning
Dada ayam giling secukupnya (bisa ayam kampung ataupun ayam broiler)
Setengah siung bawang putih. Haluskan.
50 gr tahu atau tempe
Santan matang secukupnya

Cara membuat:

  1. Campur daging giling dengan bawang putih halus. Kukus hingga masak dan harum.
  2. Kukus labu kuning beserta tahu hingga matang dan lunak.
  3. Saring nasi, kukusan labu, ayam, dan tahu menggunakan saringan kawat, satu persatu. Ambil lumatan dari bagian bawah saringan.
  4. Campur semua bahan lalu siram dengan santan matang hingga kekentalannya pas.
  5. Sajikan hangat.

Tips:
  • Jika ingin membuat stock untuk waktu makan berikutnya, Bunda cukup memasukkan bahan makanan yang sudah matang ke dalam wadah terpisah, satu persatu. Jangan menyimpan dalam kondisi telah tercampur semuanya.
  • Untuk membuat santan matang, jangan menggunakan santan kemasan atau santan instan. Gunakan kelapa parut segar dan air matang hangat. Panaskan santan di atas api kecil hingga keluar gelembung-gelembung kecil di sekeliling panci. Lalu matikan. Jangan tunggu hingga santan mendidih, karena lemak baiknya akan rusak.

Labu kuning sangat kaya dengan antioksidan dan beta karoten. Juga mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk kesehatan mata serta imunitas si Kecil. Selamat mencoba resep labu kuning ya, Bunda. Dukung penuh tumbuh kembang si Kecil dengan pola makan sehat serta kaya nutrisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar