Selasa, 09 Oktober 2018

Gejala Rubella yang Terjadi saat Hamil dan Pencegahannya


Selama masa kehamilan tubuh akan sangat mudah terserang virus termasuk virus rubella. Virus ini akan menimbulkan gejala-gejala yang bisa diketahui dengan mudah untuk bisa diatasi. Anda juga akan mengetahui tips parenting untuk melakukan pencegahan penyakit rubella. 

1.    Sakit Kepala dan Hidung Tersumbat

Sakit kepala memang sering terjadi, hanya saja ketika hamil sakit kepala harus diatasi dengan cepat jika disertai hidung tersumbat. Ini merupakan gejala rubella jika terjadi dalam waktu yang lama yaitu selama kurang lebih 14-21 hari. 

2.    Mual Berlebihan

Mual di masa kehamilan yang muda memang sudah biasa terjadi dan dapat diatasi dengan meminum air hangat agar mual berkurang. Jika mual terjadi secara berlebihan lebih dari trimester satu maka bisa jadi merupakan gejala rubella. Segera lakukan konsultasi ke dokter kehamilan agar mengetahui lebih cepat masalah yang dialami. 

3.    Iritasi Pada Mata

Gejala rubella yang terjadi ketika masa kehamilan dengan adanya iritasi pada mata yang akan berdampak buruk pada janin. Tips parenting untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebaran virus rubella yang terjadi.
 

Pencegahan untuk Terhindar dari Virus Rubella


1.    Konsumsi Asupan Gizi

Terserang virus terjadi karena sistem imun yang tidak stabil sehingga virus dapat menyebar dengan cepat. Konsumsilah asupan gizi yang cukup agar dapat mencegah masukannya virus.  Minumlah susu dan berbagai makanan sehat seimbang tanpa mengalami kekurangan nutrisi di masa kehamilan. 

Sempurnakan juga asupan gizi dengan mengonsumsi suplemen atau pun vitamin yang telah dikonsultasikan dengan dokter. Hindari untuk mengonsumsi makanan instan yang dapat mengganggu asupan gizi yang dibutuhkan. Pastikan makanan yang dimakan dalam keadaan yang higienis dan tidak mengandung pengawet. 

2.    Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup pada masa kehamilan sangat penting untuk membuat peredaran darah menjadi lancar. Tidur akan membuat energi terjaga dengan baik sehingga tidak mudah kelelahan dan mengalami sakit sehingga dapat terserang virus rubella. Pastikan Anda tidur tidak kurang dari 8 jam setiap harinya, jika bisa lakukanlah tidur siang sekitar 30 menit hingga 1 jam. 

3.    Jaga Jarak

Virus rubella ini dapat menular dengan mudah sehingga pada masa kehamilan Anda harus hati-hati. Sebisa mungkin untuk menghindari orang yang sedang bersin atau pun batuk-batuk. Jika pergi keluar sebaiknya menggunakan masker agar lebih aman. Jika bisa hindarilah untuk bepergian ke daerah yang ramai jika kondisi tubuh sedang dalam keadaan tidak sehat atau fit. 

Tips parenting untuk menghindari virus rubella ini harus dilakukan agar terhindar dari berbagai risiko yang dapat membahayakan janin. Ketika telah mengalami berbagai gejala di atas segera lakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat. Jangan sepelekan gejala-gejala ringan selama masa kehamilan. Tindakan mencegah akan lebih baik dari mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar