Senin, 01 Oktober 2018

Buat Kamu Yang Ingin Kuliah Di Jogja, Simak Tips Memilih Kos Berikut Ini

Master Info - Bagi anda yang berminat melanjutkan studi di kota Jogjakarta, berikut tips keren dan mudah memilih tempat kos! hidup berjauhan dengan keluarga bukan hal yang mudah dilakukan oleh perantau. Masalahnya, mereka tidak dapat sesederhana itu memperoleh tempat tinggal yang sesuai. Senyaman apa hunian baru masih kalah sensasinya dengan rumah sendiri. Hal itu dibenarkan oleh sejumlah mahasiswa yang kami temui di kota Jogjakarta. Selain menjadi kandidat kota istimewa di indonesia, Jogja merupakan rujukan faforit bagi masyarakat indonesia untuk menikmati wisata dan liburan. Jogjakarta menawarkan pesona budaya yang elegan, inilah yang menjadi daya tarik kota tersebut di kalangan wisatawan mancanegara. 

Image result for jogjakarta

Selain disebut sebagai kota wisata, Jogjakarta didapuk menjadi kota pelajar. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya perguruan tinggi negeri terkemuka yang berdiri di pinggiran kota. Sebut saja salah satunya Universitas Gadjah Mada, perguruan tinggi satu ini masih belum tergeser dari posisi awalnya. Berdasarkan prestasi, kemanfaatan bagi lingkungan dan kualitas lulusan, perguruan tinggi ini terpilih sebagai perguruan terbaik di indonesia. Antusiasme masyarakat yang cukup tinggi untuk dapat meneruskan pendidikan di Jogja berdampak langsung pada kebutuhan akan tempat tinggal sementara. Kos, losmen dan asrama menjadi pilihan paling mewah bagi mahasiswa dan pekerja dari luar daerah Jogja. Tarif yang lebih bersahabat di kantong daripada apartemen menjadi alasan utamanya. 

Secara harfiah, kos adalah tempat tinggal untuk orang-orang yang singgah di suatu tempat dalam waktu sementara. Karena tidak ditinggali dalam waktu yang lama, kamar kos pernah dihuni secara berganti-ganti. Fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola kos umumnya yakni kamar plus tempat tidur dengan bantal dan guling. Ditambah lagi perabotan lain yang tidak kalah penting seperti meja belajar, almari dan dipan. Namun tidak semua pengelola menawarkan fasilitas super lengkap seperti itu. Terkadang calon penghuni kos yang baru harus kesulitan mencari almari bekas pakai, meja dan perabot lain yang sudah tidak digunakan lagi oleh penghuni sebelumnya. Satu kamar kos umumnya berukuran 2x2 meter atau maksimal 3x3 meter. Agar mendapatkan tarif paling murah, mahasiswa dengan budget pas-pasan harus memilih kamar yang berisi 2 orang. Apabila ingin lebih hemat lagi, anda dapat mencari kos yang tidak menyediakan fasilitas tambahan. Fasilitas parkir misalnya, fasilitas ini hanya akan dibutuhkan oleh teman-teman yang menggunakan kendaraan ketika ngampus.

Untuk teman-teman mahasiswa yang bingung cari kos sekitar kampus terbaik di kota Jogjakarta, Rumah.com kali ini memberikan tips spesial untuk memilih tempat kos dan kontrakan yang tepat. Sebelum menempati rumah kos, sebaiknya anda memperhatikan beberapa faktor. Faktor-faktor ini akan berdampak pada kenyamanan anda selama menempatinya. 

· Memilih kos yang bersih, bersih disini bisa berarti ganda. Kos yang bersih memberikan kesan nyaman pada penghuninya. Hindari memilih kos yang berdekatan dengan area pasar, TPS atau pemukiman padat penduduk. Dari hasil survey, beberapa wilayah kampus faforit di Yogja merupakan kawasan pemukiman penduduk. 

· Biasanya mahasiswa suka terlambat mengikuti kelas karena lokasi kos yang jauh dari kampus. Untuk menghindari masalah seperti ini, pilihlah kos yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kampus anda. Masalah seperti ini seringkali terjadi pada mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan pribadi. 

· Prediksikan jarak dari kos ke kampus anda. Apabila jaraknya terlalu jauh, anda bisa mencari kos yang lebih dekatwalaupun harganya lebih mahal dibanding kos yang jaraknya jauh dari kampus. 

Tarif kos menjadi kendala utama mahasiswa saat pertama kali masuk ke dunia kampus. Membagi uang saku bulanan dengan biaya kos dan biaya makan tentunya bukan hal yang mudah, terutama untuk mahasiswa yang berasal dari luar jogjakarta. Mahasiswa sudah terbiasa dengan keterbatasan dana. Agar masalah tempat tinggal tidak mempengaruhi konsentrasi belajar, mahasiswa harus mencari alternatif yang cocok. Selain kos, ada pilihan tempat lain untuk tinggal sementara di perantauan. Pengelola kos biasanya menyediakan opsi kontrakan, sistem pembayarannya tidak sama dengan kos. Umumnya kos hanya terdiri dari kamar-kamar petak, sedangkan kontrakan lebih seperti rumah utuh. Pengelola mengontrakkan rumah mereka karena sadar banyak keuntungan yang akan didapatkan daripada mengelola kos. Sistem kontrak sama halnya dengan sewa, artinya penyewa kontrakan tersebut harus membayar selama beberapa tahun sekaligus. 

Dengan menyewa rumah kontrakan, biaya yang dikeluarkan oleh mahasiwa jauh lebih sedikit. Sistem kongsi sangat berguna disini, misalnya satu rumah kontrakan dapat dihuni oleh 5 hingga 10 orang tergantung ukuran rumah dan fasilitas yang tersedia. Di daerah jogja, lebih-lebih di sekitar perkantoran, sekolah dan universitas sangat mudah menemukan kontrakan dengan harga miring. Ingin hunting kos dan kontrakan jogja harga murah kualitas oke? jangan ambil pusing, ambil smartphone anda sekarang lalu cari link kos murah di sekitar kampus anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar