Senin, 19 Maret 2018

Cara Service Mesin Cuci Untuk Mengatasi Kerusakan Ringan


Service mesin cuci dapat Anda lakukan sendiri di rumah ketika mendapati kerusakan ringan pada mesin cuci. Kuncinya ada kemauan yang kuat dalam diri Anda untuk memperbaikinya. Menjadi hal yang wajar jika setiap rumah terdapat mesin cuci, karena untuk saat ini peralatan rumah tangga satu ini menjadi peralatan yang sangat dibutuhkan setiap keluarga. Keberadaan alat tersebut dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga yang kerap melelahkan.
Adanya mesin cuci juga bisa mengehemat waktu dan tenaga, jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan ekstra. Mesin cuci sudah bukan lagi menjadi barang yang mewah, oleh karenanya sangat diperlukan keahlian untuk merawatnya. Namun jika suatu hari Anda menemukan kerusakan pada mesin cuci, tidak ada salanya mencoba cara-cara di bawah ini guna mengatasi kerusakan tersebut.

Gangguan pada mesin cuci karena tidak bisa berputar
Masalah yang sering dialami oleh sebagian orang yang menggunakan mesin cuci adalah mesinnya tidak bisa berputar. Jangan khwatir dan panik ketika Anda mendapati permasalahan seperti ini.
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengurangi volume pakaian yang dimasukkan ke dalam mesin cuci. Inilah yang menyebabkan mesin susah berputar karena beban pakaian terlalu berat.
Jika sudah dikurangi bebannya namun tetap saja tidak mau berputar coba cek bagian karet pada vanbelt-nya di bagian mesin. Jika mendapati karet dalam keadaan longgar lakukan penyetelan ulang dengan cara menggeser bagian dynamo. Namun ada baiknya jika karet yang sudah longgar segera diganti dengan yang baru.

Gangguan pada timer otomatis mesin cuci
Gangguan pada timer otomatis akan mempengaruhi pemutaran saat melakukan proses pencucian. Apabila terdapat gangguan pada timerotomatis seringkali mesin cuci berputar hanya dengan satu arah saja.
Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian kabel-kabel mesin cuci. Mungkin saja ada bagian kabel yang terputus yang disebabkan suatu hal. Jangan lupa untuk cek bagian switcher selection, pastikan kondisi kabel masih baik. Apabila Anda menemukan kabel yang terputus sebaiknya segera mungkin untuk diperbaiki.

Terdapat kebocoran pada mesin cuci
Masalah satu ini sangat umum bagi para pengguna mesin cuci. Indikasi kebocoran pada mesin cuci ialah apabila terdapat tetesan-tetesan pada mesin cuci saat melakukan proses pencucian.
Gantilah selang pembuangan dengan selang yang baru. Saat memasang pastikan sudah terpasang dengan sangat rapat, agar tidak terdapat celah yang akan menimbulkan air keluar. Untuk mengurangi residu yang menyebabkan kebocoran, Anda bisa mencoba dengan menuamgkan setengah cangkir cuka putih ke cucian.
Demikianlah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi kerusakan ringan pada mesin cuci. Namun apabila Anda terlalu sibuk dan tidak sempat melakukannya, mungkin akan lebih baik jika Anda memanfaatkan jasa service mesin cuci. Jasa service ini akan bantu mengembalikan kinerja mesin cuci seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar