Rabu, 01 Agustus 2018

Ini yang Harus Diperhatikan saat Akan Berinvestasi


Investasi merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan keuangan yang mapan di masa depan. Jika hanya mengandalkan pendapatan setiap bulannya maka akan tampak sulit untuk bisa mapan di masa depan. Namun, jika diinvestasikan maka dana yang anda miliki akan terus bertambah dan memberikan keuntungan tersendiri untuk anda.

Saat ini, hampir semua orang menyadari betapa pentingnya berinvestasi. Mengingat saat ini kondisi perekonomian semakin sulit dan tak bisa diprediksi di masa depan maka investasi menjadi cara yang tepat untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan. Bahkan anak muda juga sudah banyak yang mulai memikirkan pilihan berinvestasi.

Ada banyak jenis pilihan investasi yang bisa anda gunakan saat ini. Setiap jenis investasi memiliki karakteristik masing-masing dan juga memberikan keuntungan yang berbeda-beda. Namun, jangan dulu tergiur pada keuntungan yang akan didapat. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar anda tidak salah berinvestasi.

Perhatikan Ini sebelum Berinvestasi

Sudah banyak kasus penipuan investasi yang terjadi di masyarakat. Jangan sampai anda menjadi korban berikutnya karena tidak berhati-hati saat akan berinvestasi. Inilah dia beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum anda mengambil keputusan untuk melakukan investasi :

      1.    Tentukan Jenis Investasi
Seperti kita ketahui bahwa ada banyak jenis investasi yang bisa anda lakukan. Pilihlah jenis investasi yang paling pas dan menguntungkan bagi anda. Salah satu contoh jenis investasi yang bisa anda lakukan adalah investasi reksadana. Namun, sebelum memilih, pastikan anda sudah mencari tahu banyak informasi mengenai setiap jenis pilihan investasi tersebut.

      2.    Hitung Keuntungan
Ketika memilih untuk berinvestasi tentu anda sudah memikirkan keuntungan yang bisa anda dapatkan di masa depan. Ini sangat penting untuk diperhitungkan sedini mungkin agar anda tidak salah memilih jenis investasi. Hitunglah keuntungan yang mungkin bisa anda dapatkan melalui investasi tersebut.

      3.    Prediksikan Kerugian
Jangan hanya fokus pada keuntungan, anda juga harus memikirkan kemungkinan kerugian yang bisa saja menimpa anda. Perhitungan ini bisa menjadi pertimbangan penting ketika anda akan memilih jenis investasi untuk dilakukan. Dengan memperhitungkan kerugian maka anda bisa memilih investasi yang paling menguntungkan.

      4.    Keamanan Investasi
Jangan mudah tergiur pada keuntungan yang besar sampai anda lupa apakah investasi yang akan anda lakukan aman atau tidak. Pilih investasi yang sudah terjamin keamanannya dan terpercaya. Contohnya, anda bisa mengambil investasi investasi reksadanadengan jaminan keamanan yang bisa anda yakini memberikan keuntungan untuk anda. 

Intinya, anda harus benar-benar cermat saat akan berinvestasi. Jangan sekali-kali langsung mengambil keputusan dengan cepat hanya karena anda ingin mendapat keuntungan secara instan. Pilihlah investasi berdasarkan pertimbangan yang matang dan jika anda merasa bingung, silakan lakukan konsultasi kepada orang yang lebih berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar