Rabu, 28 November 2018

Kiat Kredit Mobil Baru Dengan Cicilan Ringan



Kredit mobil semakin banyak di lirik oleh masyarakat. Hal itu dikarenakan mobil menjadi aset yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Mobil bisa menciptakan kenyamanan saat berkendara terutama bagi yang memiliki mobilisasi tinggi. Bagi orang dengan ekonomi yang berlebih tidak menjadi masalah membeli mobil dengan uang cash, namun bagi yang memiliki gaji tidak terlalu besar apakah bisa memiliki mobil? tentu saja bisa. Anda bisa melakukan kiat kredit mobil baru dengan cicilan ringan seperti berikut ini:

Kredit yang Dibiayai oleh Bank

Kiat pertama adalah pilihlah yang sumber pembiayaannya dari bank bukan leasing. Cicilan dari bank dianggap lebih ringan dibandingkan dengan leasing dan hampir semua bank yang ada di Indonesia ini memiliki produk untuk melakukan kredit kendaraan bermotor. Selain itu skema peminjamannya pun hampir sama.  Pada perusahaan leasing atau multi finance suku bunga yang diberlakukan lebih tinggi sehingga jumlah cicilan yang harus Anda tanggung lebih besar.  
Sayangnya jika Anda ingin melakukan kredit dengan menggunakan biaya dari bank ini aturannya lebih ketat sehingga tidak semua berkas diloloskan. Dokumen yang Anda butuhkan untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor melalui bank adalah slip gaji, keterangan bekerja, kartu penduduk, dan kartu keluarga.  Pihak bank juga akan melakukan survey terhadap nasabah yang akan mengajukan kredit tersebut apakah layak untuk diberikan kredit atau tidak.

DP yang Besar

Untuk bisa kredit dengan cicilan ringansetidaknya ada harus menabung untuk pembayaran DP terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan semakin besar DP yang Anda berikan maka semakin kecil beban hutang yang akan ditanggung. Pada dasarnya bank atau leasing hanya akan memberlakukan DP sebesar 10 sampai dengan 30 persen saja. Namun mereka tidak akan melarang jika Anda bisa membayar DP lebih dari itu misalnya 40 atau bahkan 50 persen. Untuk DP ini sangat tidak disarankan menggunakan uang pinjaman karena pembelian mobil sifatnya konsumtif sehingga tidak bisa menambah nilai aset secara signifikan.

Tenor Panjang

Agar cicilan ringan penting bagi Anda untuk mengambil tenor kredit yang panjang dimana angkanya hanya berkisar 1 jutaan saja. Meski begitu harga mobil yang akan di kredit juga berpengaruh terhadap besaran cicilan yang harus dibayarkan. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar memperhatikan seperti apa mobil yang Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan. Jangan mengambil mobil yang mana harganya tidak sesuai dengan kemampuan Anda. Memang tenor kredit yang panjang ini membuat cicilan setiap bulan menjadi ringan, namun efek negatifnya adalah Anda harus siap membeli mobil dengan harga yang lebih mahal. Misalnya ingin melakukan kredit mobil baru seharga 200 juta dengan tenor 5 tahun bunga 4% flat per tahunnya. DP 40% Anda harus menyetorkan uang sebesar 80 juta sehingga pokok kredit menjadi 120 juta saja. Jumlah bunga yang harus ditanggung selama tenor 5 tahun adalah sebesar 120 juta x 4% = 4,8 juta x 5 = 24 juta. Jumlah cicilan per bulan 120 juta ditambah 24 juta sebesar 144 juta. Setelah itu dibagi 5 tahun atau 60 bulan = 2,4 juta rupiah per bulan.

Demikianlah kiat kredit mobil dengan cicilan ringan yang bisa Anda lakukan, baca tips lainnya bagaimana cara mendapatkan kredit mobil murah untuk keluarga disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar